PIRAMIDA PENDUDUK

Penduduk menurut umur, terbagi dalam rentang usia belum produktif, usia produktif, dan usia tidak produkti. Masing-masing rentang usia menggambarkan struktur penduduk yang mempunyai penanganan yang berbeda-beda ditiap rentang usia. Pada Desa Gunungbatu, Kecamatan Bodeh, secara jelasnya dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

Piramida penduduk Desa Gunungbatu pada tahun 2018 menunjukkan perubahan bentuk piramida penduduk, yaitu semakin mengecil pada kelompok bawah (0-14 tahun) dan akan semakin melebar pada usia yang lebih tinggi. Piramida penduduk juga memperlihatkan bahwa pada kelompok umur 0-14 tahun jumlah perempuan lebih banyak dibanding laki-laki, dan begitu pula semakin tinggi umurnya jumlah perempuan masih lebih banyak daripada jumlah laki-laki.

Jika di lihat dari piramida penduduk tersebut,  jumlah usia produktif (15-59 tahun) lebih besar dibandingkan dengan usia belum produktif dan usia tidak produktif dengan total penduduk sebanyak 1327 jiwa atau 72,83 % dari total penduduk yang ada di Desa Gunungbatu. Sedangkan penduduk yang belum produktif (0-14 tahun) berjumlah 297 atau 16,3% dari total penduduk. Penduduk dengan kelompok usia tidak produktif (60-65+ tahun) memiliki persentase sebesar 10,88% atau sebesar 198 jiwa.

Piramida penduduk berfungsi mengetahui komposisi umur penduduk suatu wilayah. Piramida penduduk Desa Gunungbatu pada tahun 2018 termasuk dalam kelompok ekspansif, dimana sebagian besar penduduk berada dalam kelompok umur muda, ditandai dengan melebarnya bagian bawah piramida dan semakin meruncing di bagian atas. Kelompok ekspansif ini memiliki angka kelahiran tinggi dan angka kematian yang sudah mulai menurun.

Jika dilihat dari jumlah penduduk Gunungbatu yang mayoritas usia produktif lebih tinggi, hal ini perlu menjadi perhatian karena diperlukan pemberdayaan masyarakat agar bisa menempati dunia pekerjaan sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran. Selain itu hal ini dapat juga diatasi dengan pembentukan kelompok UMKM di Desa Gunungbatu yang bisa memanfaatkan potensi yang ada di desa untuk dikelola menjadi suatu usaha yang dapat menambah penghasilan masyarakat setempat. Selain itu pemerintah juga perlu menyiapkan sarana pendidikan yang baik untuk mendukung pembentukan kualitas penduduknya (yang mayoritas di usia muda) agar dimasa depan tercipta sumber daya manusia yang berkualitas dan bisa memajukan desa Gunungbatu itu sendiri.